Select Page

Wisata ke Pulau Padar – Bagi Anda yang mendambakan liburan antimainstream di tempat – tempat unik dan eksotis di Indonesia, wisata ke pulau Padar dapat menjadi pilihan. Sebagai salah satu pulau yang masuk di kawasan Taman Nasional Komodo, pulau Padar memiliki pesona keindahan yang tak main – main. Namun, karena pulau Pulau Padar merupakan salah satu pulau tanpa penghuni, sebelum berwisata ke sana tentu Anda perlu mengetahui banyak hal agar perjalanan liburan ke Padar Anda dapat berjalan lancar. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan saat wisata ke pulau Padar, di antaranya :

Cara menuju ke pulau Padar

Hal pertama yang perlu Anda ketahui dengan baik tentu saja mengenai perjalanan untuk menuju ke pulau Padar. Wisata ke Padar dapat Anda tempuh dengan melalui Labuan Bajo. Rute ini merupakan salah satu rute ‘ramai’ yang disukai oleh banyak wisatawan karena merupakan pintu masuk untuk memulai perjalanan mengelilingi Taman Nasional Komodo, termasuk di dalamnya adalah pulau Padar. Selain itu, Anda juga dapat memilih wisata ke pulau Padar dengan long trip melalui Bali dan Lombok. Sudah ada berbagai agen wisata yang melayani untuk rute ini juga, lho.

Outdoor Trips & Adventures in Indonesia

Bagi Anda yang memulai perjalanan dari Labuan Bajo, untuk sampai di pulau Padar yang merupakan gugusan pulau terluar, Anda perlu menempuh perjalanan laut sekitar 3,5 jam. Namun sepanjang perjalanan Anda tidak perlu khawatir akan bosan, karena pemandangan yang Anda lihat sepanjang perjalanan merupakan pemandangan indah yang mahal, yang mungkin tidak Anda temukan di tempat lain mana pun. Setelah sampai di pulau Padar, Anda masih harus mendaki untuk mencapai puncak bukitnya agar mendapat pemandangan utuh dari ketinggian. Trekking yang perlu Anda lakukan tak terlalu jauh, namun karena medannya cukup terjal dan berbatu, Anda harus tetap berhati – hati.

Waktu terbaik untuk datang ke pulau Padar

Pulau Padar memiliki kontur alam berupa barisan perbukitan savana yang tentu saja akan terasa sangat terik di siang hari. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan baik – baik waktu yang tepat untuk wisata ke pulau Padar, khususnya waktu untuk trekking ke puncak bukit Padar. Untuk menghindari perjalanan yang panas dan terik, Anda disarankan untuk pergi mendaki pada pagi hari sekitar jam 5 atau 6 waktu setempat, atau sore menjelang sunset. Bagi Anda yang ingin mengabadikan pemandangan indah pulau Padar lengkap dengan view laut sekitarnya yang berwarna gradasi biru, tentu Anda perlu memulai perjalanan pada pagi hari, sehingga saat Anda sampai di atas bukit tidak terlalu siang. Namun, bila Anda ingin mengabadikan suasana sunset yang artsy di pulau Padar, memulai perjalanan pada sore hari dapat menjadi pilihan.

Hal yang perlu dipersiapkan untuk ke pulau Padar

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum memulai perjalanan ke pulau Padar di antaranya adalah penutup kepala, topi, sunblock hingga sandal gunung atau sepatu mendaki. Karena perjalanan cukup terjal dan Anda mungkin akan terpapar panas matahari secara langsung, maka perlengkapan tersebut merupakan hal mendasar yang tak boleh Anda lupakan. Selain itu, agar tak kehausan saat mendaki, pastikan juga bahwa Anda telah berbekal air mineral.

Alasan mengapa Anda harus mengunjungi pulau Padar

Meski merupakan pulau tanpa penghuni, namun wisata ke pulau Padar merupakan salah satu yang wajib masuk dalam wishlist liburan Anda. Hal ini karena Padar merupakan salah satu destinasi wisata alam andalan di Indonesia dengan gugusan bukit – bukit cantiknya, yang bahkan potretnya diabadikan dalam uang rupiah pecahan 50.000. Salah satu daya tarik utamanya adalah deretan bukit yang memiliki pemandangan kontras tergantung dari musim saat Anda berkunjung ke sana. Pemandangan bukit savana dengan warna cokelat akan terpampang saat Anda datang di musim kemarau. Bukit akan berganti dengan warna hijau bila Anda berkunjung ke pulau Padar pada musim penghujan.

Baca Juga :